RSS

PROPOSAL SKRIPSI

18 Apr

PENERAPAN TEKNOLOGI INFORMASI BERBASIS WEB SERTA KAJIAN SIKAP PENGGUNA DENGAN PENDEKATAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM) DI BIMBINGAN SEC BANGKALAN

 

PROPOSAL SKRIPSI

 

 

OLEH :

WAHYU ADI SURYA

0910323157

 

 

 

 

PROPOSAL SKRIPSI INI DITUJUKAN SEBAGAI TUGAS UTS MATA KULIAH SEMINAR MSI

 

 

FAKULTAS ILMU ADMINISTRASI

UNIVERSITAS BRAWIJAYA

MALANG

  1. A.   PENDAHULUAN

A.1    Latar  Belakang

Berbagai kebijakan mengenai pemberdayaan UKM suadah banyak dilakukan, misalny program kemitraan dengan pengusaha besar bantuan permodalan dari BUMN, atau penyaluran kredit perbankan khusus untuk UKM. Tetapi aspek lain yang belum digarap secara optimal adalah penerapan tekhnologi informasi dan komunikasi (TIK), termasuk penggunaan internet. Jumlah pengguna internet di Indonesia untuk tahun 2006 tercatat sekitar dua puluh juta hanya mencapai tingkat penetrasi 8,1%. Indonesia berada di jajaran tengah bersama tiga negara, brunei darusalam,thailand, dan filipina yang memiliki tingkat penetrasi masing-masing 14,2%, 12,7% dan 9,1%. Namun, penetrasi indonesia masih jauh di bawah singapura dan malaysia. Penggunaan internet yang belum memasyarakat tersebut belum bisa diartikan bahwa internet tidak sesuai dengan kepentingan UKM. Sebuah teori atau model adopsi teknologi diantaranya tekonologi  Technology Acceptande Model yang dicetuskan oleh Davis pada tahun 1989 secara umum menyimpulkan bahwa niat dan perilaku penggunaan teknologi informasi dipengaruhi oleh persepsi dan sikap individu pengguna akhir. Sedangkan persepsi dan perilaku tersebut bisa diubah dan dipengaruhi oleh intervensi dari pihak eksternal.

Salah satu kelemahan utama pengusaha kecil di Indonesia adalah kemampuan dan agresivitas mengakses pasar para pengusaha kecil masih terbatas serta masih terbatasny penggunaan teknologi informasi untuk mendinamisasi dan memajukan usaha kecil. Usaha Kecil dan Menengah (UKM) membutuhkan penerapan dan pemanfaatan teknologi untuk meningkatkan kinerja usahanya. Dengan sentuhan teknologi, diharapkan produk UKM dapat lebih kompetitif dan mampu bersaing hingga secara internasional. Teknologi memiliki keterkaitan yang erat dengan sektor industri perdagangan. Dengan menerapkan teknologi, produk UKM akan lebih efisien sehingga nantinya tidak hanya mampu bertahan tapi juga berkembang.

Bimbel SEC Bangkalan merupakan salah satu UKM yang bergerak di sektor pendidikan formal sebagai sebuah lembaga lemabaga bimbingan belajar dan training. Tantangan muncul terkait dengan kegiatan operasional khususnya pelaporan hasil belajar kepada orangtua siswa dan kegiatan pemasaran. Hal ini dikarenakan pola hubungan dan pola kerja yang dilakukan selama ini berjalan tanpa pemanfaatan teknologi informasi yang memadai. Pola pemasaran serta hubungan  dengan orangtua siswa, sekolah, dan pasar belum mengoptimalkan penggunaan internet sebagai salah satu medianya. Karenanya diperlukan sebuah solusi tepat guna yang dapat menjawab tantangan tersebut sehingga efektifitas kerja dan proses pemasaran dapat jauh lebih ditingkatkan.

Sebuah solusi yang sangat mungkin di terapkan sejalan dengan perkembangan teknologi informasi adalah pengoptimalisasian penggunaan internet sebagi salah satu media yang mampu mendukung sistem kerja di SEC Bangkalan secara keseluruhan. Dalam hal ini, pengembangan sebuah sistem informasi berbasis web merupakan solusi cerdas untuk mengoptimalkan kinerja, memperluas pasar dan meningkatkan brand image SEC Bangkalan di mata masyarakat serta sekolah.

Pemanfaatan internernet untuk mendukung sistem informasi di lembaga tersebut akan menimbulkan reaksi yang berbeda-beda dalam sikap dan perilaku pengguna sistem. Perasaan menerima atau menolak muncul menjadi dimensi sikap terhadap penggunaan sistem informasi. Selain sikap diketahui ada beberapa faktor lain yang dapat mempengaruhi perilaku pengguna terhadap penggunaan sistem informasi. Karenanya, perlu juga di kaji mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku perilaku pengguna terhadap penerapan sistem informasi berbasis web di lembaga tersebut. Hal ini penting dilakukan agar sistem informasi yang diterapkan dapat diterima oleh semua elemen di dalam SEC Bangkalan. Dengan demikian, SEC Bangkalan akan memiliki potensi yang luar biasa untuk berkembang sehingga dapat memberikan layanan lebih luas bagi siswa di Indonesia, meningkatkan peluang kerja bagi mahasiswa, alumni, dan guru yang berarti mengurangi jumlah pengangguran di Indonesia, dan pada akhirnya akan dapat meningkatkan perekonomian Indonesia.

A.2      Perumusan Masalah

Dari apa yang telah diuraikan pada latar belakang, maka rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana mendesain dan menerapkan sebuah sistem informasi berbasis web di SEC Bangkalan serta mengkaji faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku pengguna terhadap penerapan sistem informasi tersebut sehingga sistem informasi yang diterapkan dapat diterima dan digunakan secara optimal oleh pelaku usaha, karyawan, dan guru untuk meningkatkan kinerja unit usaha.

A.3      Tujuan Penelitian

Penelitian ini bertujuan untuk mendesain dan menerapkan sebuah sistem informasi berbasis web di SEC Bangkalan serta mengkaji faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku pengguna terhadap penerapan sistem informasi tersebut sehingga sistem informasi yang diterapkan dapat di terima dan digunakan secara optimal oleh pelaku usaha, karyawan, dan guru untuk meningkatkan kinerja unit usaha.

A.4      Manfaat penelitian

Manfaat penelitian ini dapat dijabarkan sebagai berikut :

a)    Bagi bimbingan belajar SEC Bangkalan , diharapkan hasil penelitian ini dapat digunakan untuk meningkatkan efektifitas kerja dengan pengembangan dalam beberapa hal yang diperlukan.

b)    Bagi mahasiswa, diharapkan dengan penelitian ini dapat mengetahui dan menerapkan teori di bidang teknologi informasi dalam aplikasi nyata untuk meningkatkan efektifitas kerja UKM.

c)    Bagi institusi universitas, diharapkan dapat membuka peluang baru untuk penelitian yang lain yang lebih mendalam dalam rangka kontribusi nyata membangun UKM di Indonesia.

 

  1. B.   KERANGKA TEORI

Dalam penelitian ini membahas tentang penerapan sistem informasi berbasis web dimana pendekatan yang dipakai dalam peneleitian ini adalah technology acceptance Model (TAM). Dan sebagai variabel dependen yang di bahas dalam penelitian ini adalah pemanfaatan sistem informasi dan penggunaan sistem informasi. Sedangkan variabel independennya adalah Perceived usefulness, perceived ease of use, faktor sosial, dan kondisi-kondisi yang memfasilitasi pemakai. Untuk kemudian akan di bahas keterkaian dari antar variabel tersebut dengan menggunakan instrumen penelitiannya adalah kuesioner dan Perangkat lunak SPSS 16.0 (trial version). Dan Sumber data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Sedangkan Populasi dari penelitian ini adalah karyawan, pembimbing akademik, dan siswa SEC bangkalan.

 

  1. C.   METODE PENELITIAN

Penelitian yang dilakukan terdiri dari dua bagian, bagian pertama adalah adalah pembuatan dan penerapan sistem informasi, bagian kedua adalah pengkajian sikap pengguna sistem informasi tersebut dengan menggunakan pendekatan Technology Acceptance Model (TAM). Tahapan  penelitian :

  1. Mulai
  2. Pembuatan dan penerapan sistem informasi
  3. Pengkajian sikap pengguna sistem
  4. Selesai

Alur kerja rekayasa sistem informasi berbasis web :

  1. Mulai
  2. Analisis kebutuhan UKM
  3. Desain sistem
  4. Pembuatan sistem
  5. Implementasi dan pengujian
  6. Evaluasi
  7. Selesai

Alur kerja desain sistem :

  1. Mulai
  2. Desain diagram alir data
  3. Desain basis data
  4. Pembuatan basis data
  5. Pembuatan program
  6. Selesai

Model Persamaan Regresi

Metode statistik yang digunakan untuk menguji hipotesis yang di ajukan dalam penelitian ini adalah regresi berganda (multiple regression). Sesuai dengan model model regresi penelitian ini adalah sebagai berikut :
model I           : Y1=a1+B1X1+B2X2+B3X3…………….

Model II          : Y2=a2+B4Y1+B5X4………………………

Keterangan :

Y1       :minat pemanfaatan sistem informasi

Y2       :penggunaan sistem informasi

X1       :perceived usefulness

X2       :perceived ease of use

X3       :faktor sosial

X4       :kondisi-kondisi yang memfasilitasi pemakai

a1, a2 :konstanta

B1-B5 :koefisien regresi

Variabel Penelitian

Perceived usefulness, perceived ease of use, faktor sosial, dan kondisi-kondisi yang memfasilitasi pemakai merupakan variabel independen. Variabel tersebut dinilai dengan menggunakan skala likert 6 poin.dalam penelitian minat pemanfaatan sistem informasi dan penggunaan sistem informasi adalah sebagai variabel dependen

Hipotesis Penelitian :

H1       :perceived usefulness mempunyai pengaruh positif signifikan terhadap minat      pemanfaatan  SI

H2     :perceived ease of use mempunyai pengaruh positif signifikan terhadap minat pemanfaatan SI

H3       :faktor sosial mempunyai pengaruh positif signifikan terhadap minat pemanfaatan SI

H4       :kondisis-kondisi yang memfasilitasi pemakai mempunyai pengaruh positif signifikan terhadap penggunaan sistem informasi

H5       :minat pemanfaatan sistem informasi mempunyai pengaruh positif signifikan terhadap penggunaan sistem informasi

Populasi dan Sampling Penelitian

Sumber data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Populasi dari penelitian ini adalah karyawan, pembimbing akademik, dan siswa SEC bangkalan.

Instrumen penelitian

  • Kuesioner
  • Perangkat lunak SPSS 16.0 (trial version)

Tahapan Pengolahan Data

  1. Mulai
  2. Uji validitas
  3. Uji reabilitas
  4. Uji normalisasi
  5. Uji homoginitas
  6. Uji linearitas
  7. Uji multikolinearitas
  8. Uji autokorelasi
  9. Uji heteroskedastisitas

10. Mencari persamaan regresi

11. Menganalisis persamaan regresi

12. Uji hipotesis

13. Menarik kesimpulan selesai

 

 

Daftar Pustaka

 

journal.uii.ac.id/index.php/Snati/article/view/1197/1020

zakarija.staff.umm.ac.id/…/Theory-of-Planned-Behavior-masihkah-re…

http://www.gunadarma.ac.id/library/articles/…/Artikel_20205981.pdf

 

 

 

 
Leave a comment

Posted by on April 18, 2012 in Uncategorized

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: