RSS

Agar Bisnis Tidak Berhenti, Tetap dan Berkembang

12 May

Uang memang bukan segalanya, tapi segala-galanya butuh uang. Memang segala masalah bisnis yang kita jalankan sering kali banyak kendala dan faktor yang harus diperhatikan. Image

Seperti apakah kita jika kita berhenti di tengah jalan ketika merintis sebuah usaha dan tidak berusaha lagi?
Sudah tentu kita takkan menggapai apa yang kita impikan. Sudah tentu juga kita takkan merasakan keberhasilan dan kesuksesan yang kita idam-idamkan.

 

Jika seseorang mengalami sebuah kesulitan ketika berusaha namun tidak berupaya untuk mengatasinya kemungkinan ia akan mundur dari usahanya dan berhenti total. Bisa jadi dia dikemudian hari akan membuka usaha lainmenemukan sebuah kesulitan..
kemudian quitalias berhenti.. membuka usaha lain… quit… membuka usaha lain… quit lagi.. Begitu terus siklusnya.
Mirip sebuah perkawinan yang apabila orangnya mengalami kesulitan dalam perkawinannya, dia tidak berusaha untuk mengatasinya dan kemudian memilih jalan cerai. Bisa jadi dia kemudian akan menikah lagi..dan bercerai..menikah dan bercerai lagi. Begitu terus.

Itu yang akan terjadi apabila orang tersebut memilih untuk tidak mengatasi kesulitannya dan berhenti. Tentu bukan itu yang kita inginkan.Bagaimana jika diri kita yang sedang menemui kesulitan?

Ada dua hal yang perlu diubah

Yang pertama adalah diri kita sendiri. Diri kitalah yang pertama kali harus diubah.
Apa yang perlu diubah? Mungkin mindset kita perlu diubah. Mungkin ilmu kita perlu diubah atau ditambah. Mungkin belief-belief kita perlu diubah dan lain-lain.
Yang dulunya berpikiran tidak pantas untuk menjadi kaya, sekarang sudah memasang belief dalam dirinya bahwa dirinya pantas menjadi trilyuner karena dirinya adalah anugerah terbaik Allah.

Yang dulunya tidak punya ilmu marketing, akhirnya mencari ilmu marketing.

Yang dulunya tidak percaya diri, sekarang jadi lebih pede.

Yang tadinya tidak bisa selling, akhirnya berusaha untuk selling.

Yang tidak mengerti laporan keuangan, akhirnya mencari tahu tentang itu, dll

Mungkin juga kita perlu lebih mendekatkan diri dengan Sang Pencipta, memohon ampun dan berdoa, memperbaiki ibadah kita agar senantiasa dilapangkan jalannya. Bisa jadi juga kita lupa untuk berzakat atau bersedekah.

Segala hal yang ada dalam diri kitalah yang harus diubah. Di Qur’an pun sudah diterangkan bahwa Allah tidak akan mengubah kondisi suatu kaum hingga mereka mengubah apa yang ada dalam diri mereka sendiri.
Yang kedua adalah cara kita. Sudah barang tentu kita takkan mendapatkan hasil yang luarbiasa jika menggunakan cara-cara lama. Adalah sangat naif jika kita menginginkan hasil yang berbeda tetapi menggunakan cara-cara yang sama. Cari dan dapatkanlah cara-cara baru agar mendapatkan hasil yang lebih baik. 

Mungkin kita perlu memperbaiki cara kita membangun team. 

Mungkin kita perlu memperbaiki cara kita berkomunikasi.

Mungkin juga kita perlu memperbaiki cara kita marketing atau selling produk kita.

Mungkin juga kita perlu membenahi cara-cara mengelola usaha kita supaya efektif dan efisien.

Bisa jadi juga kita perlu memperbaiki cara kita mengelola keuangan usaha, dan lain-lain

Jadi ketika mengalami sebuah kesulitan dalam berusaha, ubahlah diri anda sendiri dan cara anda. Insya Allah solusi akan berdatangan dan hasil yang diidamkan pun akan semakin mendekat.
Kemudian dalam berusaha bagaimana agar bisnis kita sustain dan growing? Ternyata jawabannya hanya satu yaitu di intention atau niat.
Seseorang akan mendapatkan hasil dari usahanya tergantung dari niatnya. Dan kita perlu memiliki niat yang betul dalam berusaha. Semakin kuat intention kita yang benar, semakin dekat kita ke keberhasilan kita.
Apa saja intention yang membuat bisnis kita sustain?
Ada dua, yaitu niat yang berdasarkan dari faktor eksternal dan faktor internal.
Untuk faktor eksternal/dari luar :
Kembali ke niat, seseorang akan mendapatkan hasil dari usahanya tergantung dari niatnya..
Jika seseorang berniat usaha karena kepepet…pasti kepepetlah yang akan dia dapat dalam bisnisnya. Semua yang serba kepepet.
Jika seseorang berniat usaha karena materi, maka hanya sekedar materi atau uanglah yang akan dia dapat.
Namun jika seseorang berniat kuat karena ingin berkontribusi, maka ia akan mendapatkan suatu bisnis yang sustainable, yang berkelanjutan.

“Give and you will receive. Contribute and you will receive.”
Jadikan bisnis kita sebagai karya atau kontribusi kita kepada khalayak manusia, kepada dunia.

“We’re here for a reason on earth” kita ada di dunia ini untuk suatu alasan. Jadikan bisnis kita, bisnis yang banyak memberi manfaat kepada manusia.

Kata Rasul sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat. Coba kita lihat deretan orang-orang terkaya di dunia, ternyata mereka adalah orang-orang yang membawa banyak manfaat kepada umat manusia.
Seperti halnya Bill Gates yang sampai saat ini masih dalam deretan orang terkaya.
Juga pendiri Facebook yang meroket masuk ke dalam 100 deretan orang terkaya.

Mereka bukan Muslim tapi mereka menjalankan apa yang disabda Rasul, memberi manfaat dan mendapatkan efek sampingnya yaitu kekayaan. Perusahaan Robert Kiyosaki pun misinya adalah untuk mengangkat derajat kondisi keuangan umat manusia.

Jadi niatkan diri kita untuk berkontribusi melalui usaha kita.
Kemudian niat dari faktor internal 

Sekali lagi seseorang akan mendapatkan hasil dari usahanya tergantung dari niatnya.
Pernah dengar orang yang buka usaha karena cari makan? Ya dia akan mendapat makan dari usahanya. Tidak lebih dari itu. Pernah dengar juga orang yang buka usaha karena ingin dapat kerjaan, kesibukan atau aktivitas? Ya, dia akan mendapatkan kesibukan yang luar biasa dari usahanya.
Tidak lebih dari itu.
Dan ini niat yang paling baik untuk berusaha adalah untuk mencapai kemakmuran atau prosperity.
Bukankah dengan hidup makmur kita bisa menolong lebih banyak orang? Bukankah kita pantas hidup makmur karena hidup kita hanya sekali? Bukankah Allah telah menjadikan diri kita makhluk terbaik dari ciptaanNya yang lain? Kita pantas hidup makmur karena kita adalah anugerah terbaik Allah.
Semoga dengan terus memperbaiki diri kita, cara-cara kita dan meniatkan berusaha untuk berkontribusi dan mencapai kemakmuran, kita mendapatkan bisnis yang sustainable and growing. Semoga juga melalui usaha kita dapat meraih ridhaNya.. amiin.
 
Leave a comment

Posted by on May 12, 2012 in Uncategorized

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: