RSS
Aside
26 May

Image

1. Apa yang dimaksud dengan Kewirausahaan Sosial berbasis Komunitas?
Kewirausahaan Sosial berbasis Komunitas biasa dikenal dengan sebutan Community
Entrepreneurship. Kewirausahaan Sosial berbasis Komunitas adalah suatu usaha yang memiliki tujuan
sosial, sebagai nilai mereka yang paling utama. Mereka melaksanakan kegiatan (produksi atau jasa) yang
memiliki nilai ekonomi dan berbasis dalam suatu komunitas, bersifat demokratis, terbuka dan dapat
dipertanggung-jawabkan.
Kewirausahaan yang dimaksud merujuk kepada wirausaha dan usaha yang dimiliki, dengan aktifitas untuk
menghasilkan pendapatan melalui produksi atau pemberian nilai tambah suatu produk atau jasa. Pada
Kewirausahaan Sosial berbasis Komunitas pendapatan diperlukan dan diinvestasikan kembali untuk
menjaga keberlanjutan dari aktivitas sosial atau lingkungan yang menjadi dasar usaha.
Community Entrepreneur atau Wirausaha Sosial berbasis Komunitas adalah anggota suatu komunitas
yang berkomitmen menggunakan usaha sosial untuk memecahkan masalah komunitas dan / memperkuat
ekonomi komunitas. Terlihat sebagai pemimpin di komunitas mereka dan mampu mendirikan atau
mengelola proyek usaha komunitas.
2. Apa contoh-contoh Kewirausahaan Sosial Berbasis Komunitas?
Oscar Lawalata:
Misi: mempromosikan seni dan karya seni Indonesia ke manca Negara
Tindakan:
· Membina pengrajin-pengrajin tenun di Indonesia untuk memperkenalkan design up-to-date;
teknologi baru; teknik-teknik baru
· Menyelenggarakan pagelaran busana di LN
· Export busana ke LN
Telapak:
Missi: menyelamatkan lingkungan hidup dari pembalakan liar
Tindakan:
— Silverius Oscar Unggul dan teman-teman dari Telapak mengembangkan kemampuan
masyarakat 12 desa untuk mengelola hutan hujan sehingga dapat meningkatkan kapasitas
ekonomi
— Mendirikan JAUH (Jaringan Untuk Hutan); melakukan advokasi ke perusahaan kayu;
menghubungkan dengan pasar international
— Memfasilitasi proses sertifikasi FSC (Forest Steward Council) agar komunitas dapat
mengekspor kayu ke luar negeri
— Mendirikan koperasi berbasis komunitas dan memfasilitasi koperasi dengan mendirikan PT

Bonus: Banyak yang bilang, pria punya insting bisnis yang lebih tajam. Benar atau tidak, yang pasti sebagai perempuan juga dianugrahi kekuatan diri yang tak kalah hebat. Anda hanya perlu lebih sering mengasahnya.

Berikut adalah 7 Modal Perempuan Sukses Berbisnis:
1. Peduli terhadap perasaan orang lain
2. Daya tarik tinggi
3. Mudah bersosialisasi
4. Pandai merayu
5. Gemar memprediksi
6. Mudah berkolaborasi
7. Pribadi yang menyenangkan

By: 100Preneur

Kewirausahaan Sosial

 
Leave a comment

Posted by on May 26, 2012 in Uncategorized

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: