RSS

BINGUNG BISNIS APA?

03 Dec

Image

 

Tahu nggak Campusers, ternyata 80% orang yang sukses di dunia bisnis adalah orang-orang yang memulai bisnisnya dari hobi.

Nah, kamu-kamu tentunya punya hobi kan? Cobalah membuat hobimu itu menghasilkan. Bagaimana caranya? Berikut langkah-langkah untuk mendulang rupiah dari hobi.

 

Pertama, pastikan kamu benar-benar memiliki passion pada barang atau jasa yang akan kamu bisniskan. Misalnya komi hobi desain grafis, maka jualah keterampilan mu itu ke teman-teman atau dosen-dosenmu. Kamu hobi internet dan jago buat website, nah itu juga bisa dijual. Kamu suka donat dan hobi banget sama variasi-variasi donat. Ini juga bisa dijadikan bisnis. Intinya adalah, pastikan passion mu di mana, jangan salah langkah!

 

Kedua, mulailah perencanaan. Yah bisa dikatakan, business plan kecil-kecilan. Bagaimana cara kamu menjual, apa strategi bisnismu, siapa target pasarmu, hingga berapa harga yang kamu patok untuk jasa dan barang yang kamu akan bisniskan.

 

Ketiga, mulailah! Jangan kebanyakan mikir (rata-rata justru tips ketiga inilah yang paling sulit orang-orang lakukan).

 

Keempat, rajin-rajinlah mencatat pengeluaran dan pemasukan anggaran dari bisnismu secara sederhana. Terkadang karena hobi, kita tidak lagi berpikir untung dan rugi. Oke, kalau kamu memang masih menjalankan “hobi” ini gak masalah. Tapi sekarang ini sudah jadi bisnis, itu berarti kamu harus ambil keuntungan dari kegiatan bisnis yang kamu lakukan.

Kelima, siap gagal dan bersabar untuk konsisten. Di awal, hampir semua pebisnis mengalami kegagalan. Banyak yang mundur dan kecewa. Nah, jadikan “energi hobi” yang ada dalam dirimu untuk bisa memotivasi dirimu sendiri untuk terus sabar dan berusaha. Misalkan donat mu tidak laku-laku, tapi karena kamu mencintai kue donat, kamu pasti akan terus berusaha membuat donat yang lebih baik dan lebih laku dari kemarin.

 

Keenam, siapkan plan B, C, D dan seterusnya. Pastinya setelah menjalani dan mencicipi kehidupan berbisnis, kamu akan mengalami banyak masalah dan persoalan. Itu semua bisa menjadi bahan pemikiran, informasi, pengalaman dan evaluasi buat kamu untuk lebih baik di masa yang akan datang. Oleh karena itu, akhirnya berdasarkan semua itu kamu bisa membuat strategi dan perencanaan cadangan dari bisnis yang sedang kamu jalankan.

 
Leave a comment

Posted by on December 3, 2012 in Uncategorized

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: