RSS

BISNIS ONLINE PROSPEK YANG MENJANJIKAN

03 Dec

Image

 

Memiliki Bisnis Online di Internet adalah Prosfek Menjanjikan untuk setiap orang. Jumlah Pengguna Internet tumbuh pesat setiap tahun-nya. Pengguna internet di Indonesia tahun 2000 berjumlah 2 juta orang, dan tahun 2005 Indonesia urutan ke-13 Dunia dengan 18 juta orang. Angka ini kemudian terus meningkat mencapai 45 juta tahun 2011. Hal ini menunjukkan internet mempunyai potensi pasar yang besar & luas untuk usaha & bisnis. Dan tahukah Anda? Memiliki Bisnis Online di Internet; Tak Perlu Modal Besar, Bisnis berjalan otomatis 24 jam non-stop, Bisnis dijalankan sederhana di depan komputer, Tak perlu meninggalkan anak dan istri tercinta, Dan Anda bisa mengelola bisnis internet dalam waktu bersamaan.

Sebenarnya membuka bisnis online tidak selalu identik dengan mengeluarkan uang tambahan. Ada banyak cara membuka bisnis online tanpa harus mengeluarkan satu rupiah pun dan tidak jarang justru toko online yang seperti ini lah yang terkadang justru lebih dikenal publik. Membuka bisnis online tanpa biaya bisa dengan menggunakan platform gratis yang sudah tersedia, IndoBuyOnline akan mencoba membahasnya satu persatu:

1. BlogSpot / WordPress Blog (media Blog)
Untuk membuka account di blogspot sangatlah mudah , cukup dengan mendaftar melalui link di bawah ini : http://www.blogspot.com atau http://www.wordpress.com

Pada akhirnya toko online anda akan mempunyai nama berakhirnya blogspot.com / wordpress.com , contoh : toko1234.blogspot.com atau toko1234.wordpress.com , media blogspot dan wordpress untuk toko online tidak begitu populer di Indonesia biarpun ada beberapa yang menggunakannya.

Keuntungan Menggunakan media ini:
– Tidak mengeluarkan dana tambahan
– Toko Online anda akan otomatis terdaftar di direktori BlogSpot & WordPress sehingga kemungkinan toko online anda ditemui oleh Blogger (sebutan untuk pengguna media blog) lain cukup tinggi
– Apabila anda cukup mahir dalam HTML dan CSS akan dapat membuat tampilan online shop anda cukup menarik.

Kelemahan Menggunakan media ini:
– Ketidak populeran media ini di Indonesia membuat banyak orang tidak mencari secara sengaja keberadaan suatu toko online di direktori blogspot dan wordpress.
– Apabila anda kurang dapat menguasai bahasa HTML dan CSS, tampilan toko online anda akan sangat standar dan kurang menarik dibandingkan menggunakan media lainnya.
– Kurang nya keprofesionalan dan keyakinan pembeli anda apabila mereka melakukan pembelian yang pertama kali kepada anda dan anda belum mempunyai testimonial yang mendukung.

2. Facebook Page / Facebook User / Facebook Group
Media ini mulai terkenal seiringan dengan penggunaan facebook secara masal di seluruh Indonesia. Bahkan kehebohan Facebook ini melebihi Friendster yang sebelumnya menguasai pasar Indonesia. Pembuatan facebook untuk toko online sangat lah mudah cukup dengan membuat user account di facebook.com dan mengklik link berikut untuk membuat Facebook Page: http://www.facebook.com/pages/creat.phpSebenarnya anda juga bisa melakukan penjualan dengan Facebook user account tetapi sebenarnya hal itu adalah hal yang tergolong ilegal berdasarkan aturan facebook , account facebook anda dapat di banned apabila facebook menyadari anda mempunyai account lebih dari satu atau memiliki account bukan untuk personal.

Keuntungan Menggunakan media ini:
– Tidak mengeluarkan dana tambahan
– Toko Online pada facebook sangat mudah melakukan marketing dikarenakan banyaknya pengguna facebook dan adanya “tag function” di photo album pada Facebook sehingga kemungkinan toko online anda ditemui oleh teman atau teman dari teman anda sangat tinggi. Apalagi umumnya teman di facebook setiap accountnya lebih dari 200 orang.

Kelemahan Menggunakan media ini:
– Facebook page sangat sukar untuk dimodifikasi dalam hal design dan page management nya sehingga toko online anda tidak akan mempunyai banyak kreatifitas kecuali anda menguasai Facebook Framework. Bahkan orang IT sendiri belum banyak yang menguasai bahasa ini.
– Kurang nya keprofesionalan dan keyakinan pembeli anda apabila mereka melakukan pembelian yang pertama kali kepada anda dan anda belum mempunyai testimonial yang mendukung.

3. Friendster
Media friendster merupakan salah satu favorit dari para penjual toko online beberapa waktu lalu selain karena gratis, friendster juga dapat dihias sesuai dengan tema toko online yang dimiliki dan memiliki kelebihan sebagaimana yang dimiliki Facebook sekarang dalam hal berjualan online (dan kekurangannya juga dalam hal profesionalitas). Tetapi media ini mulai ditinggalkan penjual online karena turunnya trend menggunakan Friendster secara tajam.

4. Multiply
Multiply merupakan media terfavorit dari para penjual online hingga sekarang. Untuk membuka account di multiply cukup dengan mengakses: http://www.multiply.com

Multiply ini memiliki banyak kelebihan dibandingkan media gratis lainnya dan bahkan bisa dikatakan mempunyai gabungan kelebihan media lainnya (Friendster, Facebook, Blogspot).

Keuntungan Menggunakan media ini:
– Tidak mengeluarkan dana tambahan
– Toko Online pada multiply sama hal nya dengan facebook dalam melakukan marketing dikarenakan banyaknya pengguna multiply dan mini-site. Sehingga masyarakat umum banyak mencari secara sengaja mengenai toko online di multiply website.
– Toko Online anda akan memiliki nama yang jauh lebih ramah dibandingkan media lainnya dikarenakan multiply memberikan anda subdomain (sama halnya dengan blogspot) , contoh : toko1234.multiply.com
– Cukup mudah di hias sebagaimana friendster tanpa memerlukan kemampuan mendalam di dalam HTML/CSS

Kelemahan Menggunakan media ini:
– Kurang nya keprofesionalan dan keyakinan pembeli anda apabila mereka melakukan pembelian yang pertama kali kepada anda dan anda belum mempunyai testimonial yang mendukung.

Tapi jangan lupa , media manapun yang anda gunakan tidak lepas dari barang yang anda jual dan marketing yang anda lakukan. Coba pertimbangkan baik-baik dan kalau perlu pergunakan semua jaringan yang ada untuk menjual produk anda.

SUMBER: http://netterpreneur.net/bisnis-online-prospek-yang-menjanjikan

 
Leave a comment

Posted by on December 3, 2012 in Uncategorized

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: